JENIS-JENIS & ALGORITMA PADA KEAMANAN JARINGAN
A.Pendahuluan
Hay teman teman bagaimana kabar kalian?pasti baik tentunya. Kali ini saya akan membahas tentang Jenis-jenis dan algoritma pada Sistem Operasi Jaringan. Langsung saja simak dibawah ini.
B. Maksud dan Tujuan
Bertujuan untuk berbagi ilmu kepada teman-teman semua.
C. Penjelasan
Sebuah jaringan komputer harus memiliki keamanan untuk menghindari berbagai macam serangan oleh para hacker/cracker.
Nah ada berbagai jenis keamanan yang anda harus ketahui diantaranya:
1. Jenis-jenis keamanan pada sistem operasi jaringan
Keamanan Fisik menfokuskan pada strategi untuk
mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan tempat kerja dari
berbagai ancaman.
Keamanan fisik ini meliputi seluruh
sistem beserta peralatan, peripheral, dan media yang digunakan. Misalnya:
Wiretapping : merupakan jenis Physical security yang
berhubungan dnegan akses ke kabel atau komputer yang digunakan. Penyadapan biasanya melakukan proses pengambilan data yang ditransmisikan
pada saluran kabel komunikasi dengan menggunakan sambungan perangkat
keras.
Denial of service : Denial Of`Service biasanya membanjiri jaringan
tersebut dengan pesan-pesan yang sangat banyak jumlahnya. Biasanya memanfaatkan celah lubang keamanan pada protokol TCP/IP yang
dikenal dengan Syn flood, yaitu sistem target yang dituju akan dibanjiri oleh
permintaan yang sangat banyak jumlahnya (Flooding), sehingga akses jaringan
menjadi sibuk.
2. Keamanan Data dan Media
Merupakan jenis keamanan yang berhubungan dengan kelemahan dari software yang digunakan untuk memproses dan megelola data. Kejahatan ini dilakukan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab dengan memasang backdoor atau meyebarkan virus atau trojan, dll. sehingga orang tersebut mendapatkan password atau hak akses yang bukan miliknya.
3.Keamanan Dari Pihak Luar
Memanfaatkan faktor kelemahan atau kecerobohan
dari orang menggunakan jaringan tersebut (klien) ini merupakan salah satu
tindakan yang diambil oleh seorang hacker maupun cracker untuk dapat masuk pada
sistem yang menjadi targetnya. Hal ini biasanya disebut Social Engineering.
4.Keamanan jaringan
Biasanya memanfaatkan celah atau port yang terbuka dll. dan pengamanan jaringan adalah dengan menggunakan firewall atau pun proxy yang digunakan untuk mem-filter user yang akan menggunakan jaringan.
5.Keamanan Otorisasi Akses
Otorisasi akses adalah penggunaan password
atau kata sandi jika kita ingin mengakses sesuatu di jaringan. Hal ini
dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk
mengakses jaringan.
6.Keamanan Proteksi Virus
Virus adalah sebuah metode penyerangan sistem
komputer dengan menggunakan sebuah program yang dapat membuat sistem kacau dan
mengalami kerusakan. Virus sendiri bisa diatasi dengan menginstall antivirus pada
komputer dan selalu update databasenya yang terbaru agar virus kekinian biar
kedetect oleh antivirusnya.
7. Keamanan Dalam Operasi
Merupakan jenis keamanan jaringan yang
berhubungan dengan prosedur untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan.
Makanya harus dibentu SOP (Standar Operasional Prosedur).
2. Algoritma keamanan pada sistem operasi jaringan
A. Algoritma Genetika
(Genetic Algorithm, GA)
Algoritma Genetika pada dasarnya adalah program komputer yang
mensimulasikan proses evolusi. Algoritma genetika sangat tepat digunakan untuk penyelesaian
masalah optimasi yang kompleks dan sukar diselesaikan dengan menggunakan metode
yang konvensional. Sebagaimana halnya proses evolusi di alam, suatu algoritma
genetika yang sederhana umumnya terdiri dari tiga operator yaitu: operator
reproduksi, operator crossover (persilangan)
dan operator mutasi.
B. Divide and Conquer
Paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan yang lebih kecil.
C. Dynamic programming
Paradigma program dinamik akan sesuai jika digunakan dalam suatu masalah yang mengandung sub-strucktur yang tumpang tindih.
D. Metode serakah
Sebuah algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman
dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap
tahap;
dan menggunakan pilihan "serakah" apa yang dilihat
terbaik pada saat itu.
E. Algoritma Greedy
Algoritma greedy merupakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang
sering di pakai dalam implementasi sebuah system atau program yang menyangkut
mengenai pencarian “optimasi”.
Algoritma greedy hanya memakai 2 buah
macam persoalan Optimasi,yaitu:
1. Maksimasi (maxizimation)
2. Minimasi (minimization)
F. Algoritma Dijkstra
Algoritma Dijkstra(dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan
komputer, Edsger Dijkstra)adalah sebuah algoritma rakus
(greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak
terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed
graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai
tak-negatif.
G. Algoritma
Kriptografi
Algoritma kriptografi atau cipher , dan juga
sering disebut dengan istilahsandi adalah suatu fungsi matematis yang
digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi (Schneier, 1996).
Ada dua macam
algoritma kriptografi, yaitu algoritma simetris (symmetric
algorithms) dan algoritma asimetris(asymmetric algorithms).
H. Algoritma Random
Algoritma random sering dibutuhkan ketika
membuat AI untuk musuh, misalnya untuk memunculkan pasukan musuh secara random.
fungsi sederhana berikut ini digunakan untuk mencari nilai random dari bilangan
antara min – max.
var a = Math.floor(Math.random() * (max – min + 1)) + min;
misalnya min = 1 dan max = 10, maka akan menghasilkan nilai random
pada var a pada kisaran 1-10.
B. Divide and Conquer
Paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan yang lebih kecil.
C. Dynamic programmingParadigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan yang lebih kecil.
Paradigma program dinamik akan sesuai jika digunakan dalam suatu masalah yang mengandung sub-strucktur yang tumpang tindih.
D. Metode serakah
Sebuah algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman
dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap
tahap;
dan menggunakan pilihan "serakah" apa yang dilihat
terbaik pada saat itu.
E. Algoritma Greedy
Algoritma greedy merupakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang
sering di pakai dalam implementasi sebuah system atau program yang menyangkut
mengenai pencarian “optimasi”.
Algoritma greedy hanya memakai 2 buah
macam persoalan Optimasi,yaitu:
1. Maksimasi (maxizimation)
2. Minimasi (minimization)
F. Algoritma Dijkstra
Algoritma Dijkstra(dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan
komputer, Edsger Dijkstra)adalah sebuah algoritma rakus
(greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak
terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed
graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai
tak-negatif.
G. Algoritma
Kriptografi
Algoritma kriptografi atau cipher , dan juga
sering disebut dengan istilahsandi adalah suatu fungsi matematis yang
digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi (Schneier, 1996).
Ada dua macam
algoritma kriptografi, yaitu algoritma simetris (symmetric
algorithms) dan algoritma asimetris(asymmetric algorithms).
H. Algoritma Random
Algoritma random sering dibutuhkan ketika
membuat AI untuk musuh, misalnya untuk memunculkan pasukan musuh secara random.
fungsi sederhana berikut ini digunakan untuk mencari nilai random dari bilangan
antara min – max.
var a = Math.floor(Math.random() * (max – min + 1)) + min;
misalnya min = 1 dan max = 10, maka akan menghasilkan nilai random
pada var a pada kisaran 1-10.
Sebuah algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman
dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap
tahap;
dan menggunakan pilihan "serakah" apa yang dilihat
terbaik pada saat itu.
E. Algoritma Greedy
Algoritma greedy merupakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang
sering di pakai dalam implementasi sebuah system atau program yang menyangkut
mengenai pencarian “optimasi”.
Algoritma greedy hanya memakai 2 buah
macam persoalan Optimasi,yaitu:
1. Maksimasi (maxizimation)
2. Minimasi (minimization)
F. Algoritma Dijkstra
Algoritma Dijkstra(dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan
komputer, Edsger Dijkstra)adalah sebuah algoritma rakus
(greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak
terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed
graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai
tak-negatif.
G. Algoritma
Kriptografi
Algoritma kriptografi atau cipher , dan juga
sering disebut dengan istilahsandi adalah suatu fungsi matematis yang
digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi (Schneier, 1996).
Ada dua macam
algoritma kriptografi, yaitu algoritma simetris (symmetric
algorithms) dan algoritma asimetris(asymmetric algorithms).
H. Algoritma Random
Algoritma random sering dibutuhkan ketika
membuat AI untuk musuh, misalnya untuk memunculkan pasukan musuh secara random.
fungsi sederhana berikut ini digunakan untuk mencari nilai random dari bilangan
antara min – max.
var a = Math.floor(Math.random() * (max – min + 1)) + min;
misalnya min = 1 dan max = 10, maka akan menghasilkan nilai random
pada var a pada kisaran 1-10.
H. Algoritma Random
Algoritma random sering dibutuhkan ketika
membuat AI untuk musuh, misalnya untuk memunculkan pasukan musuh secara random.
fungsi sederhana berikut ini digunakan untuk mencari nilai random dari bilangan
antara min – max.
var a = Math.floor(Math.random() * (max – min + 1)) + min;
misalnya min = 1 dan max = 10, maka akan menghasilkan nilai random
pada var a pada kisaran 1-10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar